Kamis, 03 Desember 2009

buah Persimmon untuk Pelindung Jantung


An apple a day keep doctor away. Slogan itu bisa jadi harus runtuh setelah adanya penelitian yang memperbandingkan kehebatan antara apel dan buah persimmon. Hasil penelitian yang dilaporkan Reuters Health, New York itu, menyatakan bahwa buah berwarna oranye kemerahan itu lebih baik ketimbang apel, terutama untuk memelihara kesehatan jantung.

Persimmon mengandung serat dua kali lebih banyak daripada apel. Nutrisi di dalamnya juga lebih lengkap, seperti sodium, potasium, magnesium, kalsium, mangan, dan zat besi. Selain itu masih dilengkapi adanya asam fenolik yang termasuk golongan antioksidan, yang ampuh menangkal radikal bebas.

Seperti diketahui radikal bebas mengganggu metabolisme, bahkan dapat mengakibatkan perubahan DNA, sehingga memicu berbagai penyakit termasuk jantung. Menurut Dr. Shela Gorinstein dari The Hebrew University-Hadassah Medical School, Jerusalem, buah itu sangat layak direkomendasikan untuk dikonsumsi. "Makan sebuah persimmon berukuran sedang, sekitar 100 gram, sehari, cukup untuk mencegah penyumbatan dalam pembuluh arteri," saran Gorinstein seperti ditulis situs google.com.

Persimmon adalah buah dengan rasa manis dan banyak tumbuh di Cina, Jepang, Korea, Brazil, dan Israel. Buah ini juga tumbuh liar di Amerika Serikat. Sayang, untuk orang Indonesia buah ini masih asing. Di pasar swalayan yang banyak menjual makanan Jepang di bilangan Melawai kadang tersedia persimmon. "Tapi sekarang memang sedang tidak musim di sana, jadi tidak ada," jelas seorang karyawan di pasar swalayan tersebut.

julukan beberapa jenis buah segar serta manfaatnya bagi kesehatan


Inilah julukan beberapa jenis buah segar serta manfaatnya bagi kesehatan.

Kiwi: Kecil tapi kuat.
Buah ini mengandung potasium, magnesium, vitamin E dan serat.
Kandungan Vitamin C dua kali lipat lebih banyak dibanding jeruk.

Apel: Satu apel setiap hari menjauhkan kita dari dokter!
Meskipun kandungan vitamin C sedikit, apel mengandung zat antioksidan dan flavonoid yang dapat meningkatkan aktivitas vitamin C sehingga dapat menurunkan resiko terkena kanker kolon, serangan jantung dan stroke.

Stawberry: Buah pelindung.
Strawberry merupakan buah yang memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi di antara buah-buah lain. Buah ini juga dapat melindungi tubuh dari kanker, membebaskan penyumbatan darah.

Jeruk: Obat yang paling manis.
Mengkonsumsi 2-4 buah jeruk setiap hari akan membuat Anda terhindar dari sakit flu, menurunkan kolesterol, mencegah dan membersihkan batu ginjal dan mengurangi kanker kolon.

Semangka: Pemuas dahaga yang paling menyegarkan.
Semangka mengandung 92% air, sejumlah besar glutathione yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semangka juga merupakan sumber lycopene, oksidan pencegah kanker. Kandungan lain adalah vitamin C dan potasium.

Jambu Biji dan Pepaya: Paling kaya vitamin C.
Jambu biji merupakan buah yang kaya serat yang dapat membantu pencernaan mengolah makanan. Pepaya mengandung karoten yang dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, sehingga berguna untuk kesehatan mata.

Sphingomielin sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan otak dan kecerdasan anak


Sphingomielin sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan otak dan kecerdasan anak. Zat gizi ini terdapat dalam ASI, daging dan susu hewan, serta kedelai.

Komponen utama pembentuk otak adalah lemak, sedangkan komponen pembentuk sel-sel saraf baru di dalam otak adalah protein. Selain itu, vitamin dan mineral tertentu juga berperan untuk pertumbuhan otak. Salah satu zat gizi penting dalam perkembangan otak adalah sphingomielin.

Kebutuhan tubuh akan sphingomielin tergantung pada makanan yang dikonsumsi setiap hari dan hasil sintetis sphingomielin itu sendiri dalam tubuh. Sekitar 0,1 - 1 persen lemak susu sapi terdiri atas fosfolipid, yang 30 persennya merupakan sphingomielin. Seperti susu ternak, ASI juga mengandung sphingomielin dalam jumlah memadai.

Sphingomielin sendiri banyak terdapat pada kolesterol LDL dan kolesterol HDL. Itulah alasan konsumsi kolesterol tetap penting bagi perkembangan otak anak. Menanamkan sikap fobia kolesterol pada anak-anak tidaklah tepat.

Sama seperti AA dan DHA, sphingomielin berperan penting dalam pembentukan dan fungsi kerja sel saraf yang optimal. Namun berbeda dengan AA dan DHA, sphingomielin memainkan peran dalam pembentukan mielin. Mielin itu sendiri berfungsi sebagai "selimut" sel saraf, sehingga membantu impuls pada sel saraf tersebut.

Mielin berfungsi untuk mempercepat impuls dari satu sel saraf ke sel saraf, otot, atau sel target lainnya. Fungsi ini menjadikan sphingomielin mulai dilirik para ilmuwan untuk diteliti lebih jauh, yaitu seberapa penting perannya dalam perkembangan sel saraf yang baik dan sehat.

Menurut Dr.Arthur R.Jensen, ahli saraf dari Fakultas Ilmu Pendidikan Kedokteran di University of California, Amerika Serikat, kecepatan pengantaran pesan oleh sel-sel saraf seseorang merupakan salah satu faktor yang menunjukkan tingkat kecerdasannya.

Jumat, November 13

manfaat Strawberry bisa kurangi Risiko Kanker dan Sakit Jantung


Kandungan fitonutrien dari buah strawberry kaya akan fenol, kandungan fenol yang terdiri dari anthocyanin dan ellagitanin tidak hanya menyebabkan strawberry menjadi berwarna merah tapi juga kaya akan antioksidan sehingga baik untuk jantung, anti kanker sekaligus anti radang.

Ellagitanin sendiri seringkali dikatakan bisa mengurangi risiko kanker, karena dengan kebiasaan mengkonsumsi strawberry rutin bisa mengurangi risiko kanker sebanyak tiga kali lipat. Hal ini dinyatakan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Kandungan vitamin C dalam strawberry sendiri tidak bisa diremehkan, Annals of the Rheumatic Diseases melakukan sebuah studi terhadap 20.000 individu yang menderita polyarthritis dan terbukti bahwa pada individu yang memakan buah yang mengandung sedikit vitamin c akan mengalami radang sendi lebih sering dibandingkan dengan yang tidak.

Jadi bagaimana cara mengkonsumsinya? Journal Agricultural and Food Chemistry menyarankan untuk mengkonsumsinya dalam keadaan baru dipotong dan segar. Cuci bersih dan simpanlah dalam suhu 5 derajat celcius, serta jangan dikonsumsi lebih dari 6 hari karena kandungan vitamin C-nya akan berkurang 5%. Untuk variasi makanan, konsumsilah dengan sayur-sayuran sehingga menjadi salad buah. Sesekali, buatlah jus strawberry.

coklat tingkatkan gairah


Cokelat banyak diminati orang karena rasa dan aromanya yang khas. Rasa cokelat yang nikmat itu sedemikian hebat sehingga dapat memberikan kesan seperti kecanduan.
Ini adalah akibat adanya berbagai zat penting yang terkandung dalam bubuk cokelat (berasal dari kakao solid). Kandungan bubuk cokelat antara lain adalah zat yang lazim disebut sebagai phenyl-ethyl-amine (PEA).
Zat ini berkemampuan meningkatkan penyerapan tryptophan oleh otak, yang pada gilirannya akan meningkatkan kadar 5-hydroxy-tryptamine dalam jaringan otak.
Zat yang terakhir ini akan segera membentuk dopamine, yakni suatu zat yang dapat memberi perasa nikmat (semacam kecanduan). PEA juga dapat bersifat sebagai aprodisiak, yakni mampu meningkatkan rangsangan seks (libido), baik pada laki-laki maupun perempuan.
Oleh sebab itu, pada zaman dulu para raja Aztez (cokelat mula-mula memang berasal dari Amerika Selatan) selalu meminum semangkuk cokelat sebelum berhubungan seksual dengan istri-istri mereka.
PEA ini juga yang sering menimbulkan gejala craving (gejala ketagihan) pada cokelat yang terjadi pada sementara orang (terutama pada para ibu-ibu saat menstruasi).
Cokelat juga mengandung sekelompok zat yang lazim disebut nacyl-ethanol-amine (NEA). Zat ini dapat bereaksi pada receptor cannabinoid di pusat saraf, yaitu sejenis reseptor pada sel-sel saraf, yang dapat memberi efek seperti rangsangan obat psikotropika. Oleh sebab itu, cokelat kadang-kadang dapat menimbulkan kesan fly bagi mereka yang mengkonsumsinya.

Strategi cara Mengonsumsi Makanan Sehat


Untuk mengonsumsi makanan sehat, dibutuhkan sedikit kecermatan. Namun, sebelum Anda pusing memikirkan strateginya, anjuran dari Walter C Willet, MD, pengarang buku Eat, Drink and Be Healthy: The Harvard Medical School Guide to Healthy Living, tak ada salahnya jika hal-hal berikut ini dijadikan pegangan.

1. Daripada menggunakan mentega, lebih baik memakai minyak zaitun ataupun canola untuk menggoreng. Minyak zaitun dan minyak canola mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang dapat menurunkan kolesterol jahat.

2. Ganti daging merah dengan ikan, ayam, ataupun kacang-kacangan bila Anda ingin mendapatkan protein. Namun, jika Anda sangat ingin makan daging, pilihlah daging merah tanpa lemak.

3. Bila Anda senang mengonsumsi camilan, cobalah untuk memilih camilan yang terbuat dari gandum ataupun jagung, dan bukan yang terbuat dari tepung terigu.

4. Jika ingin membuat saus untuk puding, misalnya, maka cobalah untuk mengganti susu penuh lemak dengan susu rendah lemak. Hasilnya pun tetap sama lezatnya. Atau Anda bisa menggantinya dengan yoghurt tanpa rasa yang juga rendah kalori.

5. Hindari membeli atau mengonsumsi makanan dalam kemasan. Biasanya makanan tersebut mengandung minyak hidrogenase atau biasa dikenal dengan sebutan lemak trans, yang tentu saja tidak baik bagi kesehatan.

6. Kalau sebelumnya Anda kerap membubuhkan keju yang kaya lemak untuk pizza ataupun salad, cobalah beralih ke keju parmesan, blue cheese, feta, ataupun keju cheddar yang rendah lemak.

7. Jangan hilangkan selai kacang dalam makanan Anda. Selai kacang ternyata mengandung lemak yang cukup menyehatkan. Namun, Anda harus memastikan bahwa selai yang Anda beli benar-benar alami.

8. Tambahkan sayuran hijau saat membuat salad.

9. Lebih baik mengonsumsi gandum ataupun bulgur daripada nasi putih ataupun kentang.

10. Makanlah kacang! Sedikit bertentangan dengan anggapan umum, kacang bukanlah makanan sembarangan. Justru sebaliknya, kacang merupakan sumber protein terbaik. Orang yang mengonsumsi kacang secara teratur lebih sedikit yang meninggal akibat penyakit jantung daripada yang jarang mengonsumsinya.
Sumber : www.gayahidupsehatonline.com

Sex Toy di Kampus sangat Tidak Sehat


Niat ingin melakukan survei tentang penggunaan alat bantu seks (sex toy) di kampus, para peneliti yang sebagian merupakan mahasiswa kesehatan di Duke University malah diprotes. Studi tentang sex toy dianggap memicu tindakan yang kurang sehat.
Para peneliti dari Duke University merekrut beberapa mahasiswi di Duke University untuk mengikuti penelitian tentang penggunaan sex toy. Partisipan yang mengikuti studi harus wanita berusia minimal 18 tahun dan mau melakukan percakapan seksual dengan peneliti maupun partisipan lainnya.
Studi dilakukan dengan menggunakan konsep sebuah pesta dimana terdapat banyak sex toy. Partisipan lalu diminta untuk menjawab kuesioner tentang perilaku seksualnya dan masuk ke dalam suatu laboratorium untuk menggunakan alat bantu tersebut bersama dengan partisipan lainnya selama satu jam.
Satu bulan kemudian, partisipan diminta untuk mengisi kuesioner tahap kedua. Setelah studi selesai, partisipan akan mendapatkan bingkisan dari produsen alat bantu tersebut dan juga kesempatan untuk membeli alat bantu itu dengan harga promosi.
Berdasarkan hasil studi tersebut, diketahui bahwa rata-rata partisipan pernah memakai alat bantu seks dan sering melakukan masturbasi dengan vibrator atau semacamnya.
Partisipan juga mengaku lebih senang dan aman menggunakan sex toy ketimbang harus melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang mungkin memiliki penyakit menular.
Sebagai ketua dari the Duke Catholic Center, Joe Vetter menganggap studi tersebut sangat mengganggu. Ia pun segera menghubungi peneliti dari Duke University dan melakukan protes atas studi yang dilakukannya.

"Saya hanya kasihan pada pelajar yang ikut studi itu. Mereka sedang dalam masa perkembangan. Saya rasa dengan adanya alat bantu seks itu membuat mereka dan wanita lainnya di kalangan kampus cenderung memilih masturbasi daripada berpasangan. Dan itu tidak sehat untuk hubungan mereka nantinya. Menikah lebih sehat daripada melakukan seks sendirian," ujar Vetter seperti dilansir Health, Kamis (12/11/2009).

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa universitas memang menyarankan pemakaian sex toy sebagai alternatif untuk menghindari perilaku seks menyimpang dan juga mencegah penularan penyakit IMS (Infeksi Menular Seksual) di kalangan kampus.

sumber : http://health.detik.com

6 cara mencegah Stroke


Stroke adalah merupakan penyebab kematian dan kecacatan yang utama. Berbagai kajian menunjukkan bahwa pencegahan adalah lebih baik daripada mengobati stroke. Ayo cegah stroke dengan STROKE!
Stroke terjadi akibat gangguan peredaran darah otak. Pembuluh darah otak mengalami pengerasan dan penyempitan. Suatu kondisi yang dikenal sebagai atherosklerotik. Atherosklerotik terjadi sebagai akibat akumulasi berbagai faktor risiko yang menyerang pembuluh darah. Faktor risiko tersebut adalah usia tua, hipertensi, diabetes, kegemukan, kadar kolesterol darah yang tinggi, dan merokok.
Penebalam dan pengerasan dinding pembuluh darah tidak menimbulkan keluhan yang spesifik. Gejala baru akan muncul bila terjadi sumbatan akibat rupturnya timbunan plak di dinding pembuluh darah. Pak yang ruptur akan menyebabkan terseumbatnya aliran darah ke otak yang berujung pada kematian sel-sel otak.
Pencegahan sebelum terkena stroke pada orang yang sehat atau tanpa riwayat stroke disebut dengan pencegahan primer. Pencegahan serangan ulang pada orang yang sudah pernah terkena stroke disebut dengan pencegahan sekunder. Pencegahan terhadap hipertensi, diet yang buruk, dan merokok adalah lebih baik dan lebih murah daripada semua terapi yang canggih untuk stroke (terapi trombolitik atau vitamin saraf yang paling canggih sekalipun).
Pada prinsipnya stroke dapat dicegah. Pemahaman akan faktor risiko stroke, dan pengendalian akan faktor risiko stroke mutlak diperlukan. Penelitian Wang menunjukkan bahwa kampanye mewaspadai hipetensi, berhenti merokok, dan menurunkan berat badan pada masyarakat terbukti berhasil menurunkan angka kejadian stroke sampai dengan 11,4%.
Adakah makanan tertentu yang dapat mencegah stroke? Beberapa penelitian terdahulu mengasumsikan bahwa konsumsi makanan laut dan ikan menurunkan risiko stroke. Hal ini terutama dihubungkan dengan kandungan zat asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan. Penelitian yang sudah pernah dilakukan menunjukkan hasil yang bervariasi. Sebuah penelitian baru oleh Bravata, dkk (2007) menunjukkan bahwa konsumsi ikan tidak terbukti menurunkan risiko stroke.
Aktivitas fisik dan berolahraga terbukti menurunkan risiko stroke. Olahraga yang sifatnya aerobik (jalan, bersepeda, berenang, senam) sangat dianjurkan. Penelitian di Eropa pada 22602 subyek berusia 40-79 tahun menunjukan bahwa aktivitas fisik dan olahraga menurunkan risiko stroke (Myint, dkk, 2006).

Cegah stroke dengan STROKE

S = Seimbang gizi
Pertahankan gizi yang seimbang. Konsumsi lemak berlebih akan meningkatkan risiko hiperkolesterolemia. Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah terbukti mengandung banyak anti oksidan dan vitamin. Beberapa penelitian terdahulu membuktikan manfaat konsumsi anti oksidan dan serat memperbaiki profil lemak darah, menurunkan tekanan darah, dan mencegah komplikasi kardiovaskuler.
Konsumsi makanan cepat saji berlebih tidaklah dianjurkan. Kandungan natrium (garam) pada makanan cepat saji adalah relatif tinggi. Perubahan pola makan ditengarai sebagai satu penyebab meningkatnya penyakit kardiocerebrovaskuler di berbagai negara berkembang (termasuk Indonesia). Pengurangan konsumsi garam dan diet kaya buah dan sayuran terbukti menurunkan tekanan darah.

T = Turunkan berat badan berlebih
Obesitas memberi risiko stroke dua kali lipat. Obesitas memberi beban berat kepada jantung, dan merupakan predisposisi untuk meningkatnya kadar kolesterol total dan trigliserid, hipertensi, menurunnya kadar kolesterol HDL, dan diabetes melitus.
Indeks massa tubuh di atas 25 disebut dengan berat badan berlebih, dan di atas 30 disebut dengan obesitas. Bayangkan seseorang memiliki berat badan 100 kg dengan tinggi badan 200 cm, maka ia memiliki indeks massa tubuh 25.
Bentuk obesitas yang lain adalah obesitas sentral yang ditandai oleh lingkar perut yang besar. Seseorang dikatakan obesitas sentral bila lingkar perutnya ≥ 102 cm pada laki-laki atau ≥ 88 cm pada perempuan. Obesitas sentral secara konsisten meningkatkan risiko stroke 2-3 kali lipat. Obesitas dapat dikontrol dengan diet dan olahraga secara teratur.

R = Rajin ukur tekanan darah
Berbagai penelitian secara konsisten memperlihatkan bahwa hipertensi merupakan faktor risiko stroke yang signifikan. Semua bentuk hipertensi dihubungkan dengan peningkatan risiko stroke (Fuentes, dkk, 2007). Penelitian Suarez (2007) menunjukkan bahwa pada penderita stroke, hipertensi ditemukan pada 74,8% kasus.

Waspadailah tekanan darah tinggi pada Anda dan orang-orang terdekat Anda. Ukurlah tekanan darah Anda secara berkala. Bila tekanan darah di atas 140/90 mmHg, maka Anda dinyatakan menderita hipertensi. Hipertensi dapat dicegah dan diberi tatalaksana yang tepat bila dikenali secara dini.

O = Olahraga teratur
Aktivitas fisik terbukti memperbaiki aliran darah, menurunkan kadar kolesterol darah jahat, menurunkan berat badan, dan menurunkan tekanan daah. Aktivitas fisik yang bersifat aerobik terbukti menurunkan risiko stroke. Olahraga terbukti pula menurunkan tekanan darah 4-9 mmHg.

K = Kurangi stress
Strees meningkatkan tekanan darah, menurunkan daya tahan tubuh, menghambat regenerasi jaringan, dan menurunkan sensitivitas insulin (berujung pada diabetes melitus). Beberapa penelitian mengkonfirmasi peningkatan risiko hipertensi dan stroke pada populasi degan masalah psikososial yang berat.

E = Enyahkan rokok
Merokok secara konsisten dihubungkan dengan peningkatan penyakit jantung, hipertensi, stroke, dan kepikunan. Hal initidak hanya menyerang orang yang merokok, namun juga perokok pasif. Penelitian Lantz, dkk (2008) menunjukkan bahwa merokok akan menurunkan aliran darah ke otak. Hal ini lebih teramati pada individu yang memiliki hipertensi.



n Lebih Asyik dan Sehat dengan kondom getar


Selama ini orang awam hanya tahu kondom yang berasa, kini ada jenis kondom baru yang bisa bergetar. Selain dapat mencegah penularan penyakit infeksi menular seksual (IMS), kondom bergetar ini juga bisa membantu para wanita yang kesusahan mencapai klimaks.
Dalam acara yang digelar untuk menyambut Pekan Kondom Nasional dan Hari AIDS Sedunia 2009, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dan DKT Indonesia bekerjasama untuk mempromosikan pentingnya penggunaan kondom untuk melindungi masyarakat Indonesia dari ancaman kesehatan akibat hubungan seksual. Pada kesempatan itu juga, dilakukan penobatan duta kondom Indonesia yang diberikan pada Julia Perez.
Diantara sekian banyak jenis kondom yang ada, kini di Indonesia hadir kondom bergetar yang memiliki fungsi ganda, yaitu untuk melindungi penyakit menular seksual dan juga untuk meningkatkan hubungan pasangan, terutama untuk wanita yang sulit mencapai klimaks.
Berbeda dengan kondom biasanya, kondom bergetar ini dilengkapi dengan baterai yang akan menghasilkan getaran pada saat dipasang di alat kelamin pria. "Tapi bukan berarti wanita jadi diam saja ya kalau pasangannya pakai kondom ini. Wanita juga harus tetap bergetar biar lebih mantap karena kalau diam saja nanti dikira gedebong pisang. Jadi kalau pakai kondom bukan cuma dapat enaknya tapi sehatnya juga," ujar Julia Perez di FX mall Jakarta, Kamis (12/11/2009).
Bentuk dari kondom bergetar ini sama dengan kondom biasa, yaitu terbuat dari bahan latex, tipis, transparan dan elastis. Hanya bedanya, dalam satu paket alat kondom bergetar ini, ada satu perangkat tambahan yang berbentuk seperti cincin elastis dimana sebuah baterai terpasang bersamanya.
Untuk pemakaiannya, pertama pasang dulu kondom seperti biasa kemudian cincin yang ada baterainya dipasang di bagian belakangnya. Kemudian tekan tombol yang ada di bagian baterai kondom pun langsung bergetar.
Kondom bergetar itu juga dilengkapi dengan cairan yang berfungsi sebagai pelicin bila cairan pada wanita sudah berkurang atau 'kering'. Kondom terobosan baru yang diproduksi oleh Sutra ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pasangan, terutama suami istri.
Asal tahu saja, penggunaan kondom di Indonesia saat ini sangat rendah sekali. Menurut data Departemen Kesehatan, dari 76,8 persen masyarakat yang tahu dan paham tentang kondom, hanya 1,3 persennya saja yang menggunakan kondom. "Jadi antara pengetahuan dan praktik tidak seimbang," ujar Dr Sugiri Syarief selaku kepala BKKBN Pusat.
Masalah utama yang menjadi kendala pengguanan kondom ini, menurut Sugiri adalah masalah budaya atau persepsi dan juga kurangnya pengetahuan akan pentingnya kondom. "Selama ini kalau orang beli kondom, pasti persepsinya negatif. Sepertinya dengan beli kondom mau berbuat yang macam-macam," tutur Sugiri.
Padahal kondom juga perlu untuk suami istri, terutama bagi pasangan yang salah satunya terinfeksi penyakit seksual. "Kondom bisa mencegah-ibu-ibu dari suami yang suka jajan. Kalau orang yang suka jajan terus kena penyakit, ya syukurin. Tapi jangan sampai nanti menularkan pada anak istri. Itulah pentingnya perlu pakai kondom,"jelas Sugiri.
Kesadaran masyarakat Indonesia tentang kondom perlu dibarengi dengan kesadaran yang tinggi pula akan ancaman berbegai penyakit seperti gonnore, clamydia, sifilis, HIV dan lainnya.


Selasa, November 10

pilih pilih Makanan yang Rendah Kolesterolnya


orang KOMPLIN betapa sukarnya mengendalikan kolesterol darah. Mereka sudah diet ketat, tidak makan daging sapi, kambing, ayam, jeroan maupun telur, dan hanya makan sayuran serta buah saja. Tapi mengapa kolesterol tidak turun juga? Adakah yang salah pada tubuh mereka ?

Kolesterol perlu senantiasa terkontrol setiap saat. Kolesterol total harus kira-kira mendekati 200 miligram persen (selanjutnya ditulis mg%, Red.). Biasanya kadar kolesterol darah antara wanita dan pria sebenarnya tidak jauh berbeda, baik kolesterol total maupun kolesterol LDL (low density lipoprotein = kolesterol jahat). Namun kadar kolesterol HDL (hight density lipoprotein = kolesterol baik) pada wanita cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan pria.

HDL normal pada wanita adalah 55 mg% dan HDL pada pria 45 mg%. Dengan diet yang tepat dan latihan olahraga teratur, target ini sebetulnya tidak terlalu sulit untuk dicapai.

Hanya saja, pada orang-orang tertentu, dengan melakukan diet yang ketat dan latihan teratur sekalipun, belumlah cukup. Kadar kolesterol dalam darahnya tetap tinggi, sebelum mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan dokter. Faktor genetik sering menyebabkan penanggulangan kolesterol tidak begitu memuaskan.

Faktor ini antara lain disebabkan sifat hiperkolesterolemia, yaitu orang yang mempunyai rata-rata kadar kolesterol cukup tinggi, antara 200 – 350 mg%. Maka orang-orang yang menderita hiperkolesterolemia dalam melakukan diet dan olahraga harus di bawah pengawasan dokter. Hiperkolesterolemia memang memerlukan pengobatan yang lebih agresif.

Berapa sebetulnya kadar kolesterol tertinggi yang diperbolehkan? Dan kalau kadar kolesterol melebihi tingkat tertinggi itu, apa akibatnya? Konsensus mengenai kolesterol yang pernah diajukan oleh Departemen Kesehatan Amerika Serikat adalah, jika kadar kolesterol antara 200 – 240 mg%, mereka mempunyai risiko ancaman penyakit jantung koroner dua kali lebih besar dibanding kalau kadar kolesterol mencapai 300 mg%.

Untuk itulah kadar kolesterol darah perlu dikontrol setiap saat, baik pada orang yang menderita hiperkolesterolemia maupun yang tidak. Sebab pencegahan lebih baik daripada pengobatan.

Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan yang sangat berperan besar terhadap kolesterol darah adalah diet, dan kolesterol darah sangat berpengaruh terhadap terbentuknya aterosklerosis (timbunan zat lemak di dalam dan di bawah lapisan dalam dinding pembuluh nadi).

Hasil penelitian epidemiologi menunjukkan, diet yang salah dapat mempercepat terjadinya aterosklerosis. Sedangkan diet yang benar, selain dapat menunda proses pengapuran, bisa menipiskan pengapuran yang sudah terjadi. Jadi, makan bukan hanya berarti apa yang disukai atau tidak disukai, tetapi bagaimana kita memilih sesuatu yang berarti bagi tubuh.

Misalnya orang Finlandia yang menyukai daging sapi dan babi guling untuk menghangatkan tubuh saat musim salju. Mereka jarang makan kacang-kacangan dan biji-bijian. Akibatnya, mereka lebih banyak menderita pengapuran koroner.

Berbeda dengan orang Italia yang lebih menyukai kedelai, senang jagung bakar dan kacang tanah; rata-rata kadar kolesterol darah mereka lebih rendah dibandingkan orang Finlandia.

Konsumsi ideal kolesterol seharinya, sebenarnya tidak ada batasan yang pasti. Hanya saja ahli gizi dari RS Cipto Mangunkusumo menyarankan, sebaiknya tidak mengkonsumsi kolesterol lebih dari 300 mg per hari.

Untuk itu diperlukan pengetahuan yang cukup mengenai kandungan berbagai jenis bahan pangan yang mengandung kolesterol tinggi. Mengingat kolesterol dalam darah juga dipengaruhi oleh masukan lemak dalam makanan, terutama jenis asam lemak jenuh, kandungan asam lemak juga perlu diperhatikan.

Kembali ke Tradisional
Kiat memilih makanan rendah kolesterol adalah membatasi sumber hewani. Perbanyak makanan dari bahan nabati. Selain tidak mengandung kolesterol, sumber nabati juga mengandung bahan aktif non nutrisi yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Misalnya isoflafon dari biji-bijian, pektin dari buah dan sayur, serta serat dari biji-bijian, buah dan sayur.

Tentu maksudnya bukan menyarankan pantang sama sekali sumber pangan hewani, melainkan harus membatasi dan memilih. Daging sebaiknya yang berserat halus, seperti daging ayam. Jika ingin makan daging sapi, pilih yang tanpa lemak. Hindari otak dan jeroan. Pilih ikan yang relatif rendah kolesterolnya, dibanding kerang-kerangan.

Fast food (makanan cepat saji) apa pun jenisnya, sebaiknya dikurangi atau dibatasi. Jenis makanan ini umumnya mengandung kolesterol cukup tinggi. Sebagai pedoman, dapat dilihat hasil analisis berbagai makanan fast food dari Australia.

Cake coklat sepotong mengandung 100 mg kolesterol. Burger jenis kombinasi telur dan keju setiap porsi mengandung 110 mg kolesterol. Steak mulai dari jenis chuck steak, rib steak, round steak, sampai rump steak mengandung rata-rata 100 sampai 200 mg kolesterol setiap porsi. Makanan yang mengandung keju, apa pun jenisnya, seperti cheese pizza, burger cheese, cheese omelet, kolesterolnya bervariasi antara 100 sampai 200 mg per porsi.

Menu tradisional Indonesia yang biasa dikonsumsi sehari-hari, rata-rata mengandung sedikit kolesterol. Misalnya nasi dengan lauk tempe, daging, sayur, buah dan kacang hijau hanya mengandung kolesterol sebesar 70 mg. Nasi goreng dengan omelet mengandung kolesterol sekitar 50 mg (berasal dari telur).

Kalau makan malam dengan nasi, sayur bening bayam, kacang merah, dengan lauk tahu, tempe dan ikan asin atau ikan goreng, hanya mengandung kolesterol 20 mg. Jelas, mempertahankan menu tradisional sangat membatasi asupan kolesterol.

Sabtu, November 7

Buah semangka bisa cegah Rematik


Sekitar 40 persen penduduk Indonesia yang berusia di atas 40 tahun memiliki keluhan nyeri sendi dan otot atau disebut juga penyakit rematik. Penyebabnya bermacam-macam, dari luka mekanik akibat kecelakaan, aktivitas berlebihan, sampai infeksi virus dan bakteri.

Pengobatan penyakit rematik difokuskan untuk mengurangi nyeri dan peradangan. Obat-obatan untuk mengurangi keluhan akibat rematik antara lain asetaminofen, obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS), kortikosteroid serta obat penekan kekebalan tubuh. Namun Anda perlu tahu, kebanyakan minum obat penghilang rasa sakit maupun anti radang yang dijual bebas dapat mengiritasi lambung dan usus serta menyebabkan tukak.

Bahkan, bila digunakan dalam jangka panjang obat-obatan tersebut bisa mengakibatkan pendarahan hebat. Konsultasikan dengan dokter bila Anda menggunakan obat antiradang nonsteorid atau aspirin untuk mengatasi nyeri sendir selama lebih dari 2 minggu.

Selain pemberian obat, nyeri sendi juga bisa dikurangi dengan modifikasi aktivitas sehari-hari, misalnya menghindari kegiatan yang membebani sendi disertai istirahat cukup dan olahraga.

Dalam buku Terapi Herba, Buah, Sayuran 10 Penyakit Utama, terbitan majalah Flona disebutkan ada beberapa jenis makanan dan minuman yang efektif untuk membantu penyembuhan sakit akibat radang sendi, yakni:

Alpukat
Anda tidak akan menderita rematik atau arthritis selama rajin mengonsumsi alpukat matang secara teratur. Lemak yang dikandungnya mampu memberikan lubrikasi secara alami persendian tulang seperti leher, siku, pergelangan tangan, pinggul, lutut, pergelangan kaki.

Jus apel
Minum jul apel yang diragikan (fermentasi) setengah cangkir, dua kali sehari akan membantu penyembuhan sakit radang sendi.

Asparagus
Bisa untuk mengobati rematik

Stroberi atau buah beri lain
Buah beri baik untuk penyembuhan rematik. Bisa dikonsumsi sebagai buah atau jus.

Jus semangka
Untuk arthritis karena kelebihan asam urat. Segelas jus semangka (tanpa biji) pagi dan malam akan membantu mendorong keluar kelebihan akumulasi asam urat.

kembang Kamboja, Penyegar bagi para Penyandang Autis

pola makan pelan pelan bisa membuat Badan Langsing

pola makan pelan pelan bisa membuat Badan Langsing ?
apakah benar demikian ?
Perhatikan baik-baik isi piring di hadapan Anda sebelum menyantapnya. Perhatikan warna, tekstur, hingga aroma makanan tersebut. Kemudian, kunyahlah makanan dengan perlahan sebelum ditelan. Kebiasaan makan dengan pelan ini dipercaya efektif mengurangi berat badan.

Dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, para ahli mengungkapkan bahwa makan terburu-buru akan membuat pelepasan hormon di usus terhambat. Padahal, hormon itu bertujuan untuk memberi sinyal pada otak bahwa kita telah kenyang. Akibatnya, kita pun jadi makan terlalu banyak.

"Kebiasaan makan dengan cepat akan menghalangi pelepasan hormon yang membuat kita merasa sudah kenyang," kata Alexander Kokkinos, MD, PhD, dari Laiko General Hospital, dari Yunani.

Beberapa studi sudah menunjukkan bahwa pelepasan hormon di usus setelah makan akan bereaksi di otak dan menimbulkan rasa kenyang dan puas. Namun, sampai saat ini belum ada studi yang mengaitkan antara pelepasan hormon ini dan tingkat kecepatan orang saat makan.

Dalam studi yang dilakukan Kokkinos dan timnya, ia meminta 17 pria sehat untuk mengonsumsi 300 milimeter es krim dalam dua sesi makan dan kecepatan makan yang berbeda. Pada sesi yang pertama, mereka diminta makan dalam durasi 5 menit, dan 30 menit pada sesi berikutnya.

Kemudian para peneliti mengambil contoh darah dan mengukur perbedaan hormon dalam usus sebelum makan dan setelah makan. Hasilnya, makan secara perlahan lebih efektif untuk merespons pelepasan hormon dibanding dengan makan terburu-buru.

Aktivitas makan secara perlahan juga dipercaya membuat manusia lebih dapat menikmati dan memaknai hidupnya. Sementara ketika segala sesuatu dilalui serba tergesa-gesa, justru kehilangan makna.

apa saja yang kurang baik untuk Tulang


Hindari asupan berlebihan nutrisi berikut ini untuk melindungi tulang kita:

Vitamin A
Asupan harian yang dianjurkan 800 mikrogram RE (Retinol Equivalent) pada wanita dan 1000 mikrogram RE pada pria. Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan, penglihatan, daya tahan tubuh, dan remodelling tulang. Kelebihan asupan vitamin A berefek buruk pada tulang. Asupan lebih dari 1500 mcg RE berhubungan dengan peningkatan risiko fraktur panggul sampai dua kali lipat.

Sumber vitamin A adalah cod liver oil, hati, dan margarin yang difortifikasi vitamin A. Sementara itu, pro-vitamin A dalam bentuk beta-karoten dari sayuran dan buah berwarna kuning, jingga, dan merah, tertanya tidak mempengaruhi osteoporosis.
Asupan protein berlebihan
Dalam jumlah cukup, protein membantu pembentukan tulang dengan cara menjaga kadar hormon pertumbuhan dan hormon-hormon penting lainnya. Namun, kelebihan protein, yang hasil metabolismenya bersifat asam, menyebabkan peningkatan pengeluaran kalsium. Akibatnya, pengeluaran kalsium dalam urin akan semakin banyak. Jadi, seimbangkan asupan protein dengan cukup makan sayur dan buah, yang hasil metabolismenya bersifat basa.
Garam
Kelebihan asupan garam menyebabkan pengeluaran natrium (garam) dalam urin meningkat. Proses ini juga membawa serta kalsium ke dalam urin.

Kafein
Kebiasaan minum kopi yang popular saat ini juga membantu mempertinggi pengeluaran kalsium dalam urine. Dikatakan, setiap minum 1 cangkir kopi maka kalsium yang terbuang melalui urin setara dengan kalsium yang terdapat dalam 1 sendok makan susu. Jika Anda senang minum kopi, usahakan menambahkan sedikit susu rendah lemak dan tinggi kalsium ke dalam kopi.

kandungan lebih dari nasi urap


Simaklah keindahan dalam sepiring nasi urap. Warna-warninya sungguh menakjubkan. Di balik keragaman bahan dan warna itu, sesungguhnya tersimpan sumber nutrisi yang luar biasa lengkap dan sehat. Mungkin karena itu nasi urap dibuat sebagai rangkaian upacara pertanda syukur, berkaitan dengan kelahiran seseorang.

Nasi
Sumber karbohidrat, juga lemak, protein, air (pada nasi putih lebih tinggi dibanding nasi merah), vitamin B1, kalsium (lebih tinggi pada nasi merah), dan zat besi.

Bayam
Bayam oleh orang Barat disebut "rajanya sayuran" karena kandungan gizinya yang unggul dibandingkan dengan jenis sayuran lain. Selain vitamin A, bayam merupakan sumber vitamin B1, B2, B6, C, E, dan K. Sayuran ini juga mengandung serat dan 13 senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan dan antikanker.

Kacang panjang
Setiap 100 gram kacang panjang mengandung karbohidrat, kalori, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan vitamin B1.

Taoge
Daripada kacang aslinya, menurut riset, nilai gizi kacang hijau justru meningkat setelah dibuat kecambah. Peningkatan vitamin C misalnya, bisa lebih dari 500 persen.

Wortel
Selain rasanya manis, kandungan gizi wortel cukup lengkap, antara lain mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, dan zat besi. Wortel juga sangat kaya akan vitamin A.

Timun
Timun bisa dibilang merupakan sayuran yang sering diremehkan dan diperlakukan sekadar sebagai hiasan. Timun bahkan disingkiri karena dicurigai dapat menimbulkan keputihan. Padahal, kandungan gizi dalam timun tak kalah dibandingkan dengan berbagai jenis sayuran lainnya.

Kemangi
Oleh para peneliti kemangi diketahui memiliki kandungan vitamin dan mineral yang luar biasa penting. Karena itu, di negara-negara Barat, kemangi biasanya dipakai untuk campuran obat.

Telur ayam
Seratus gram (sekitar 2 butir) telur ayam kampung mengandung 12,8 protein. Kandungan energinya juga cukup tinggi, yaitu 162 kalori, lemak 11,5 gr, karbohidrat 0,7 gr, vitamin A, dan tiamin.

Kelapa
Urap memerlukan sambal, berupa kelapa setengah tua yang diparut. Kandungan gizi dalam buah kelapa bukan hanya terdapat dalam air kelapa saja, yang merupakan minuman isotonik alami. Buah kelapa juga memiliki nutrisi sangat baik. Lemak nabati dalam kelapa setengah tua tak perlu dikhawatirkan karena tidak ada proses penggorengan dalam pengolahan bumbu urap.

Cabai rawit
Jangan remehkan cabai rawit. Bukan hanya karena rasa pedasnya, melainkan kandungan nutrisinya yang sebenarnya cukup lengkap.

Kencur
Kencur dalam bumbu urap digunakan sebagai bumbu yang memberi rasa dan aroma sedap. Dalam pengalaman empiris para ahli jamu, kencur digunakan untuk menambah nafsu makan dan sebagai tonikum dan ekspektoran.

Bawang putih
Bawang putih memiliki kandungan utama alisin yang merupakan zat antioksidan, antikanker, antitrombotik, antiradang, serta penurun tekanan darah dan kolesterol.

Daun jeruk purut
Kandungan terpenting yang ada dalam jeruk purut adalah tanin, steroid, triterpenoid, dan minyak aisiri.


Melangsingkan badan tidak harus dengan Diet Ketat dan Puasa



Agar program penurunan berat badan mencapai hasil yang maksimal Anda harus paham rumus ini: kalori yang masuk harus sama dengan kalori yang keluar. Dan, kalori yang tidak keluar, maaf saja, akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Sementara itu, jika kita membakar kalori lebih banyak dari yang masuk, alhasil, berat badan Anda akan ikut turun. Oleh sebab itu cara agar Anda tidak bertambah gemuk meski usia bertambah sangat sederhana, kurangi kalori!

Mengurangi asupan kalori bisa dilakukan dengan cara beralih ke makanan rendah kalori. Namun sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam menjalankan program diet. Pasalnya, tubuh akan mengira Anda sedang kelaparan. Alih-alih membakar lemak, metabolisme tubuh akan menjalankan langkah-langkah untuk menghadapi situasi darurat, yakni mempertahankan cadangan lemak Anda.

"Menurunkan asupan kalori dengan puasa berlebihan dapat menurunkan basal metabolic rate (kebutuhan minimum kalori saat beristirahat) hingga 30 peresn, hal ini membuat penurunan berat badan jadi sulit," kata Dr.Robert Kushner, MD, direktur Klinik nutrisi dan penurunan berat badan di Universitas Chicago.

Yang dimaksud dengan puasa berlebihan adalah bila asupan kalori kurang dari 600 per hari. Jumlah ini kira-kira setara dengan sepiring nasi goreng. Karena tubuh kita merasa harus menyelamatkan Anda dari kekurangan lemak, ia memilih sumber bahan bakar lain: otot. Jadi, percuma saja Anda diet mati-matian.

Cara paling tepat untuk membakar kalori adalah lewat olahraga minimal 30 menit. Olahraga juga efektif untuk meningkatkan metabolisme sehingga kalori akan terus dibakar sampai berjam-jam kemudian setelah olahraga.

betulkah Tokek Bisa Sembuhkan AIDS?

Perburuan tokek kini tengah marak di Makassar Sulawesi Selatan. Hewan melata ini banyak dicari dan diperjualbelikan seharga antara Rp2,5-5 juta/ekor dengan berat tiga ons karena binatang dijadikan ramuan obat yang bisa menyembuhkan penyakit AIDS.
Padahal, kata Kepala Biro Bina Napza dan HIV/AIDS Sulawesi Selatan, Dr dr Djoko Dwi Purnomo di Makassar, Selasa, sampai sekarang ini belum ada hasil penelitian yang dilakukan para ahli pembuat obat di Singapura yang menyatakan tokek bisa menyembuhkan penyakit AIDS.
Sejak adanya penanyangan di layar televisi swasta bahwa tokek merupakan salah satu binatang yang sangat mu’jizat untuk penyembuhan penyakit aids, banyak warga di daerah ini berlomba-lomba menangkapnya karena tergiur dengan harga yang ditawarkan pembeli yang kebanyakan warga keturunan yang tinggal di jalan Veteran Selatan, Makassar.
"Saya kaget kok warga spontan menanggapi hal ini untuk menjadikan binatang tersebut sebagai mata pencaharian yang menjanjikan keuntungan yang besar, sementara penemu obat Aids dari bahan baku tokek itu sendiri masih dipertanyakan apa iya atau hanya sekedar isu," ujar Djoko. Sebab, jika tokek benar-benar akan dijadikan obat penyembuh yang mujarab bagi penderita penyakit yang mematikan jiwa manusia ini, tentu akan dipublikasikan secara luas bagi penemunya ke dunia internasional.
"Nama penemu obat yang memanfaatkan tokek sebagai obat yang bisa menyembuhkan penyakit AIDS tersebut hingga saat ini masih ’kabur’ dan belum jelas sehingga harus diwaspadai jangan sampai warga akhirnya dirugikan sebab mata pencaharian utamanya ditinggalkan," tambahnya.
Tetapi, lanjutnya, jika benar bahwa penemu obat di Singapura yang menyatakan tokek mampu menyembuhkan penyakit AIDS yang dibuktikan lewat penelitiannya serta diakui dunia, maka harus diacungi jempol karena selama ini para ahli obat di Amerika dan Australia belum mampu menghasilkan obat untuk penyakit ini.
"Mudah-mudahan penemu obat ini betul adanya sehingga masyarakat luas bisa lega karena sudah ditemukan obat penyembuh penyakit aids," harapnya seraya menyatakan, sejak kasus aids mencuat hingga sekarang belum ada obat penawarnya sehingga bersyukurlah masyarakat dunia jika tokek yang diburu warga Makassar akan dijadikan bahan baku obat tersebut.
Sangnging, ibu rumah tangga tinggal di jalan Singa, Makassar, mengakui sudah pernah didatangi salah seorang pembeli jika dirinya memiliki binatang merayap di rumahnya dengan harga Rp2,5 juta untuk berat tiga ons.
"Saya bilang pada pembeli bahwa di rumah ada tokek tetapi yang tangkap bapak yang mau beli," katanya saat dikonfirmasi bahwa dirinya pernah didatangi salah seorang calon pembeli namun setelah melihat binatang merayap itu di tembok dan memperkirakan beratnya tidak sampai tiga ons langsung pembeli mengurungkan niatnya.
Sementara itu, Daeng Tata, warga jalan Andi Tonro mengungkapkan bahwa pembeli maunya tokek yang akan dibelinya tidak cacat seperti ekor hilang atau kulitnya terkelupas tetapi harus utuh.
"Kalau pun utuh tapi beratnya tidak sampai tiga ons tidak akan dibeli jadi sia-sia saja kita menangkap tokek yang kebetulan keluar dari persembunyiannya dari atas plavon ke tempok kemudian berhasil ditangkap dengan susah payah itu," ujarnya dengan rasa kecewa saat memperlihatkan hasil buruannya yang tampak cacat dan tidak memenuhi berat yang diinginkan si pembeli.
sumber : http://kesehatan.kompas.com

kembang Ciplukan,walaupun Pahit Tapi bisa Sembuhkan Batuk

kembang Ciplukan bukanlah nama orang. Ini adalah sejenis tanaman yang berkhasiat obat. Selain daun, buah, batang dan akarnya pun punya daya menyembuhkan.

Ciplukan atau physallis peruviana.L memang tidak memiliki nama dalam bahasa Indonesia. Justru dalam bahasa daerah banyak istilahnya. Mulai dari ceplokan, keceplokan, ciciplukan, kopok-kopokan (Bali), cecendet, cecenet (Sunda), nyornyoran (Madura), Leletokan (Minahasa), Kenampok (sasak), dan lapunonat (Tanimbar, Seram).

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan semak semusim, yang tergolong sebagai tanaman liar. Ciplukan bisa Anda temukan di tanah-tanah kosong yang tidak terlalu becek. Seperti pinggir selokan, pinggiran rel keretaapi, pinggir-pinggir kebun, dan lereng-lereng tebing sungai. Bisa tumbuh pada ketinggian 0-1.800 meter di atas permukaan laut.

Tumbuhan ini berdiri tegak dengan tinggi antara 30 cm sampai 50 cm dan berbatang berwarna hijau persegi, bercabang, dan berambut pendek. Daun berseling dan berlekuk, bertangkai 7-25 mm, dengan bentuk bundar telur memanjang dan ujung lancip. Ukuran panjang 3,5-10 cm dan lebar 2,5 cm.

Permukaan atas daun berwarna hijau dan permukaan bawah hijau muda dan berambut halus. Bunga buah keluar dari ketiak daun berwarna kekuning-kuningan. Buahnya berbentuk lentera, bila sudah masak berwarna kuning, rasanya manis agak keasam-asaman.

Dari Amerika
Ciplukan, sesuai dengan bentuknya yang mirip-mirip dengan buah-buah untuk lalapan seperti Labu Siam, dan Terung, termasuk dalam famili tumbuhan Solanaceae (terung-terungan). Tapi meski nama tumbuhan ini berbau bahasa Nusantara, boleh percaya atau tidak, ia berasal dari kawasan tropis Amerika Latin.

Namun, walaupun digolongkan sebagai terung-terungan, dia memiliki kandungan kimiawi seperti chlorogenik acid, asam sitrun dan fisalin. Selain itu, buahnya juga mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, juga elaidic acid.

Kandungan kimiawi tersebut, seperti obat-obatan modern, telah diuji melalui proses laboratorium dan diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sesuai dengan sifatnya: analgetik, peluruh air seni, menetralkan racun (detoksifikasi), serta meredakan batuk. Dalam farmakologi Cina, tumbuhan ini diyakini memiliki rasa pahit dan sifat menyejukkan.

Hanya saja, yang patut disayangkan, entah karena masih ada orang yang belum mengerti akan khasiat tanaman obat, atau memang tidak tertarik sama sekali untuk mengembangkan budaya ramuan tradisional, seringkali, tanaman ini dibabat begitu saja seiring dengan pembersihan alang-alang dan tumbuhan liar lainnya.

Sebaliknya, bagi Anda yang berminat untuk membudidayakan tanaman ini, bisa dengan menggunakan bijinya. Biji disemai kemudian tanaman muda dipindahkan ke tempat penanaman. Pemeliharaan tanaman ini mudah, seperti tanaman lain dibutuhkan cukup air dengan penyiraman atau dengan menjaga kelembaban tanah. Di samping itu dibutuhkan pemupukan, terutama pupuk dasar.

Radang Kulit
Walaupun semua bagian dari Ciplukan mulai dari akar, daun, dan buah, bisa digunakan, yang menggembirakan, Ciplukan ini tidak mempunyai efek berbahaya termasuk racun sekalipun.

"Hanya saja memang karena Ciplukan itu pahit rasanya, perhatikan dosis penggunaannya. Agar tidak pahit terus," jelas dr.Setiawan Dalimartha, pakar tanaman obat yang juga praktek melayani pasien dengan metode herbal.

Menurut Setiawan, sebagai obat luar, Ciplukan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan bisul, borok, dan peradangan kulit. "Tidak perlu dikeringkan. Bisa dari setelah mengalami proses direbus, didinginkan dan diborehkan langsung ke bagian yang memerlukan," lanjut Setiawan lagi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ir. W.P.Winarto, pemilik Kebun Tanaman Obat Karya Sari di kawasan Pondok Cabe, Tangerang. Menurutnya, Ciplukan tidak beracun. Hanya memang karena rasa pahitnya, rata-rata mereka yang meminum menganggap sama dengan meminum obat modern, yang umumnya pahit.

"Memang, adalah hal yang wajar. Namanya obat pasti pahit. Tetapi, prinsipnya pengaruh dari rasa pahit itu tidak akan mengganggu fungsi kerja organ tubuh kita. Misalnya ginjal," jelas Winarto dengan gamblang.

Penggunaan
1. Influenza dan Sakit Influenza Tenggorokan.
Tumbuhan Ciplukan (semua bagian) yang sudah dipotong-potong seukuran 3-4 cm dijemur, lalu dibungkus agar tidak lembab lagi. Kemudian ambil kira-kira sebanyak 9-15 gram direbus, airnya diminum. Lakukan sebanyak 3 kali sehari, atau sesuai kebutuhan dan atau petunjuk resep.

Resep nomor satu bisa juga diberlakukan terhadap beberapa penyakit, seperti: batuk rejan (pertusis), bronchitis (radang saluran napas), gondongan (paroritis), pembengkakan buah pelir (orchitis).

2. Kencing manis (diabetes). Sama dengan nomor satu. Tetapi pada saat merebus, rebuslah dengan 2 gelas air, hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum sekaligus pada pagi hari. Ampasnya bisa direbus sekali lagi, guna diminum pada sore harinya.

3. Sakit paru-paru. Sama dengan nomor satu. Saat merebus, gunakan 3-5 gelas air. Setelah mendidih, dinginkan dan saring, minum airnya 3 kali sehari.

4. Ayan. Buah Ciplukan 8 - 10 butir dimakan setiap hari.

Selain untuk penyakit dalam, Ciplukan juga bisa digunakan sebagai obat luar. Cara pemakaiannya:

1. Bisul. Daun Ciplukan sebanyak 1/2 genggam dicuci bersih lalu digiling halus. Turapkan pada bisul, lalu dibalut. Diganti 2 kali sehari

2.Borok. Daun Ciplukan sebanyak 1/2 genggam dicuci lalu digiling halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya, lalu diturapkan ke borok. Ganti 2 kali sehari.
Sumber : www.gayahidupsehatonline.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar