Minggu, 06 Desember 2009

Jenis Jenis Bunga


Oleh: AsianBrain.com Content Team

Bunga merupakan bagian dari setiap budaya di dunia. Terdapat ribuan jenis bunga di dunia. Mereka tumbuh dan berkembang di setiap kebun di seluruh dunia, tentunya dengan ragam yang berbeda ataupun dengan cara tanam yang berlainan.

Bunga memiliki berbagai macam warna, beberapa berwarna umum, namun ada pula yang memiliki warna-warna yang langka dan keanehan ini menambah keindahan mereka dan membuatnya terlihat lebih eksotis.

Selama berabad-abad lamanya, bunga kerap dinikmati dengan perlakuan khusus. Menjadi hadiah special untuk para pasangan, tentunya disertai dengan sepucuk surat cinta ataupun sebuah puisi. Selain itu bunga juga turut memiliki arti pada mitologi, cerita rakyat, dan simbol-simbol agama yang berbeda ras.

Popularitas bunga sendiri tergantung dari aromanya yang ekslusif, atau keindahannya atau juga kedua hal tersebut. Terkadang, popularitas ini juga tergantung dari kekhasan budaya sesuai wilayah geografisnya.

Mawar adalah bunga yang paling popular diantaranya jenis bunga yang lainnya di dunia ini, seperti Krisan, Tulip, Lily, Anyelir, Poinsettias, Narcissus dan lain sebagainya. Beberapa jenis bunga mungkin tidak begitu popular di dunia tetapi bisa jadi yang paling popular di wilayahnya masing-masing.

Klasifikasi Bunga

Ada banyak parameter yang berbeda yang digunakan dalam klasifikasi bunga diantaranya dengan melihat anatomi pada susunan bunga dikenal dengan morfologi bunga.
Berdasarkan klasifikasi mahkota bunga

  1. Sympetalous – bunga yang masuk dalam grup ini memiliki kelopak bunga yang menempel, baik sebagian ataupun seluruhnya.
  2. Polypetalous – bunga yang masuk dalam grup ini memiliki kelopak bunga yang terpisah.
  3. Actinomorphic - bunga yang datang dalam grup ini memiliki karakteristik radial simetri. Bunga dapat dibagi menjadi dua bagian identik sepanjang poros imajiner apapun melalui pusat. Ini adalah lanjutan diklasifikasikan sebagai saluran berbentuk, berbentuk tabung dan berbentuk lonceng (sempit daripada berbentuk tabung, yang berbentuk seperti lonceng).
  4. Zygomorphic - menampilkan bunga simetri bilateral. Bunganya berbibir dua, bibir atas merupakan gabungan dua kelopak, dan bibir bawah gabungan tiga kelopak.

Berdasarkan klasifikasi posisi

  1. Terminal - Dalam grup ini, bunga atau kelompok bunga muncul pada ujung sumbu atau cabang, seperti Magnolia grandiflora (Magnolia selatan) dan Nerium oleander.
  2. Axillary - bunga atau kelompok bunga yang dibawa di persimpangan dari batang atau poros dan daun, seperti Catharanthus roseus (periwinkle), Callicarpa mericana (beautyberry), dan kembang sepatu rosa-sinensis (bunga raya)

Berdasarkan klasifikasi Cabang dan Susunan Bunga

  1. Tunggal - Dalam grup ini, satu bunga hadir di ujung gagang bunga, tangkai yang panjang atau cabang dari sumbu utama tanaman. Contohnya seperti tulip dan Magnolia grandiflora (selatan magnolia).
  2. Cluster - Dalam hal ini, tiga atau lebih bunga berkumpul bersama-sama dalam formasi sederhana atau dengan cara bercabang. Contohnya adalah Ligustrum japonicum (ligustrum), Pentas spp. (Pentas), Mangifera indica (mango), Pyracantha coccinea (firethorn), dan Dianthus barbatus (sweet William).
  3. Inflorescence (susunan bunga) - istilah umum yang digunakan untuk rangkaian bunga atau kelompok bunga . Ada bermacam-macam tampilan di antara berbagai jenis bunga, tapi tetap beberapa karakteristik yang sama untuk jenis tertentu dan mereka sangat berguna dalam identifikasi spesies. Mereka diklasifikasikan lebih lanjut ke dalam jenis racemose dan jenis cymose.

a. Racemose Inflorescences – Susunan bunga terus tumbuh pada bagian poros bunga, bunga yang lebih tua akan berada di paling bawah dan bunga terbaru tumbuh di ujung atau pangkal.
b. Cymose Inflorescences - Pengembangan bunga berhenti pertumbuhan pada saat tiba di pangkal sumbu bunga. Bunga tertua berada diujung atas dan bunga yang lebih muda berada lebih rendah. Sekali bunga pertama terbuka maka panjang poros bunga pun akan terhenti, sehingga susunan bunga ini disebut susunan bunga tetap.

Berdasarkan klasifikasi mekarnya bunga

1. Annual Flowers (Berbunga satu tahun sekali).
2. Biennial Flowers (Berbunga dua kali dalam setahun)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar